cara mudah belajar ubuntu





Mempelajari sistem operasi komputer bukan hal yang sederhana, namun bukan hal yang mustahil. Tidak usah berpikir ke arah sana, mulai saja dengan hal mudah dengan belajar menjadi user, pemakai atau pengguna, sedikit demi sedikit pastilah akan mengenal dan memahami bagaimana cara kerja komputer kita. Meski sederhana hal ini memerlukan kemauan untuk belajar terutama ketika sedang bermasalah dengan aplikasi yang tidak jalan, terkena virus atau masalah hardware yang tidak bisa berkoneksi dengan internet. Dengan software yang bermasalah misalnya akan memicu rasa penasaran untuk mengetahui proses komputasi yang dilakukan mesin komputer, kelemahan dan kelebihan software tersebut ataupun sesuai kebutuhan serta apa yang kita inginkan.
Posting ini bukanlah untuk mengajari namun hanyalah sharing belaka, jika ada kekurangan tentu harap dimaklumi dan silahkan untuk berkomentar menambahkan secara bebas. Sistem Operasi Komputer Ubuntu Linux adalah salah satu tantangan yang dapat kita pelajari karena gratis, opensource dan didukung oleh komunitas yang besar dan antusias. Tidak semenarik software propietary yang full dukungan support namun berbayar dan kode sumbernya tertutup sehingga kita hanya bisa melongo ketika ada update sistem operasi versi baru dan ketika akan upgrade maka harus menyiapkan dana karena bukan sekedar upgrade versi namun ternyata adalah beli baru.
Adapun untuk belajar dan mengenal Linux Ubuntu akan sangat mudah karena banyak posting blog dan antusias pengguna maupun pengembangnya yang mencatat untuk dibagikan ke segenap penjuru dunia sebatas kemampuan dan bahasanya sendiri-sendiri. Secara agak sistematis mungkin cara belajar dan mengenal Ubuntu Linux secara mandiri adalah sebagaimana berikut, dan ini tidak menutup kemungkinan untuk dipakai juga pada Linux distribusi lain yang tak terhitung jumlahnya:

1.                       Buku

Sudah banyak para penulis tehnologi informasi komputer yang mumpuni dan tersedia dibanyak toko, tinggal pilih dengan mempertimbangkan kemampuan kantong kita, dan apa yang kita butuhkan. Isi dari buku akan bermacam-macam namun yang terpenting adalah perintah-perintah dasar dan bagaimana menampilkan kotak dialog bantuan untuk mendukung 'learning by doing' dalam berkomputer.

2.                       Browsing di Internet

Dengan mengetikkan keyword yang berhubungan dengan Ubuntu dan Linux, maka anda akan mendapati ribuan halaman posting, dari turorial installasi hingga troubleshooting  permasalahan yang dihadapi dalam beropensource. Antusiasme para pengguna dan pembelajar Linux otomatis menjadi dokumentasi gratis yang dibagikan bagi siapapun yang mau membacanya. Dari sini biasanya keberanian untuk 'trial dan error' muncul karena banyaknya sharing pengalaman yang saling memberikan semangat

3.                       Langsung praktek

Kadang terbayang betapa lugunya bentuk Linux Operating System, namun itu adalah khayalan dan cerita masalalu. Terkecuali untuk Linux server yang memang oleh administratornya tidak dipasangi aplikasi desktop GUI -Graphicl User Interface-, sehingga ketika mengadministrasi server menggunakan terminal dan tidak perlu monitor yang bagus, bahkan kadang memakai remote desktop sehingga seperti tukang sihir yang memantera komputer dan jaringan.
Coba saja sekarang langsung install dengan mendownload file installernya atau mengopi dari kenalan yang sudah menggunakan Linux, sudah tidak terasa lagi kesulitan yang dibayangkan bahkan anda berhadapan dengan 'the perfect desktop' yang kebal virus dan aman karena tidak disediakan kunci akun administratornya. Lebih nyaman lagi karena installer Ubuntu dapat berjalan dibawah komando sistem operasi yang lainnya.

4.                       Linimasa kicau

Sangat banyak expert dalam hal Tehnologi Informasi Komputer, terutama Linux yang mau berkicau melalui Twitter ataupun identica, membagikan tips, memberi informasi tentang update terbaru bahkan informasi tentang pengembangan hingga kegagalan proses komputer secara terbuka. Dan tentunya ini adalah hal termudah setelah berani praktek, trial dan error, maka dimulailah petualangan baru dalam kemerdekaan berkomputer. Dengan semangat 'untuk apa inovasi baru jika hanya mempersulit bukan mempermudah dan membantu produktivitas kerja'. Sudah banyak bukti bahwa dengan Linuxpun pekerjaan akan selesai dan tidak mengecewakan.

Empat langkah belajar ubuntu secara simpel diatas tidak harus dilakukan berurutan, silahkan dibolak-balik sendiri, bahkan jika berani mencoba dan langsung praktek pun akan lebih memudahkan dan mempercepat proses. Mimpi menjadi developer aplikasi pun akan dapat dicapai jika telaten, membaca, dan tentusaja praktek sendiri, serta sangat penting ketika menggunakan OS opensource anda harus siap belajar merasa didiskriminasi karena persaingan software berbayar yang lumayan sengit dan saling membatasi kemampuan, meski sudah ada standar-standar yang ditetapkan untuk sama.
Tambahan referensi untuk akses belajar ubuntu secara mudah melalui media internet adalah dengan mengikuti para developer Ubuntu sendiri atau pegiat komunitas opensource yang mau berbagi di Twitter maupun di blog. Beberapa yang pasti dapat untuk belajar ubuntu dari jutaan weblog maupun tweeps yang keren dan memotivasi adalah langsung kepada sumbernya di twitter dan weblognya seperti:

1.         Ubuntu Evangelist, pemilik Canonical: Mark Shuttleworth.
2.         Pimpinan Teknis Unity dan Canonical DX Team Member: Neil Patel.
3.         Fans berat dan Planet OMG Ubuntu, Ubuntu Gamer, Planet Ubuntu, Linux.
4.         Tim Desain Canonical: Ivanka Majic
5.         Pimpinan Ahli Ubuntu: Rick Spencer
6.         Desainer Visual Ubuntu: Mateusz Tomaszewski
7.         Konsultan pengembang dan Open Source: Richard Johnson
8.         Manajer Komunitas Ubuntu: Jono Bacon
9.         Twitter Channel resmi The Ubuntu Cloud: UbuntuOne
10.       Tim Desain Canonical: Ubuntu Designers
11.       Manajer Proyek Ubuntu: Iain Farell
12.       Jorge Castro (website)
13.       Ask Ubuntu (website)
14.       Wepupd8 (website)
15.       Ubuntuka (website)
16.       pekerja desain di Canonical: Matthew Paul Thomas
17.       Aaron Bockover Pengembang dan pencipta Banshee
18.       Michael Larabel Orang di balik website Phoronix
19.       Marco Ceppi moderator Ask Ubuntu
20.       Asa Doltzer  Staff di Mozilla
21.       Ubuntu Developers
22.       Ubuntu UK Podcast
23.       Ubuntu Vibes untuk informasi game.
24.       Ubuntu Status berita update security.
25.       Ubuntu One informasi cloud komputing Ubuntu.
26.       Komunitas-komunitas pemakai Ubuntu, dan banyak user maupun blog yang menginformasikan akun twitternya.


Demikanlah sedikit tips yang bisa digunakan untuk mempermudah belajar Ubuntu, untuk informasi identica di chanell Ubuntu sangat ramai dan menarik sekali. Dalam era komunikasi ini mempermudah untuk bisa mengakses pengetahuan, dan tentunya jika bertanya atau mengikuti milis carilah milis yang enak dan mau membimbing pendatang baru, agar tidak mematahkan semangat. Serta ikuti petunjuk netiket yang umum. Selamat mencoba.



betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang cara mudah belajar ubuntu di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon