Penjelasan Agar Tidak Menjadi Seorang Spammer





Sebagian dari para blogger memperbolehkan para pembaca meninggalkan komentar disitusnya. Selain untuk memeriahkan suasana blog, saling bertukar komentar juga biasa digunakan untuk perkenalan lebih dekat antara pembaca dengan penulis. Dengan berkomentar, pembaca dapat menanyakan sesuatu yang dibahas si penulis. Entah itu berupa kata-kata yang kurang dimengerti maupun masih kurang memahami isi dari artikel si penulis. Namun, Ada sebagian blogger pula yang memberi komentar hanya untuk mendapatkan backlink semata.  Artinya mereka hanya mengincar trafik kunjungan balik ke situs mereka. Dan biasanya mereka inilah para "tersangka" penyebar spam di komentar.

Apa Itu Komentar Spam
Sebelumnya kita juga harus mengetahui apa itu Komentar Spam. Komentar Spam adalah suatu kegiatan berkomentar yang dilakukan oleh seorang blogger dengan memasukkan suatu link mati atau hidup (biasanya link web-nya sendiri) di dalam komentarnya, berkomentar tidak nyambung ke postingan, berkomentar dengan kata-kata yang sama secara berkali-kali, menyalahgunakan fitur Name/URL maupun berkomentar dengan kata yang sedikit sekali.

Cara Menghindari Menjadi Pengomentar Spam

Apakah selama ini kita cenderung sebagai spammer dalam berkomentar ? Mari kita baca beberapa tips di bawah ini untuk menghindari kita menjadi seorang Spammer :

1. Hindari Memasukkan Link Di Komentar

Salah satu ciri dari spammer adalah seringnya memasukkan link hidup maupun mati di dalam komentarnya sendiri. Usahakan untuk tidak memasukkan link hidup atau mati di dalam berkomentar. Apalagi berkomentarnya hanya sedikit kemudian memasukkan link blog kalian di dalam kotak komentar dan itu bisa dilaporkan sebagai spam ! Bahkan lebih parah lagi beberapa blogger hanya meninggalkan link blognya saja di kotak komentar tanpa mengomentari isi postingannya sama sekali !

2. Berkomentar Sesuai Postingan

Seorang pengomentar yang baik haruslah nyambung antara hal yang dibicarakan dengan hal yang dikomentari. Jangan berkomentar dengan hal yang tidak nyambung dan membaca judulnya saja tanpa membaca keseluruhan postingan. Bacalah beberapa kaliamat yang disampaikan si penulis, kemudian komentari tentang postingan tersebut sesuai yang dibicarakan. Bukankah jika ingin dihargai oleh orang lain harus menghargai orang lain terlebih dahulu ?

3. Hindari Komentar yang Terlampau Sedikit

Selain faktor komentar nyeleneh diatas, komentar-komentar yang sedikit juga bisa dianggap spam oleh si pengelola blog yang kita komentari. Well, Saya akui saya sendiri pun saat memulai dunia blog sering berkomentar dengan kata-kata yang sedikit. Maksudnya adalaah kata-kata seperti "Nice post, Nice Gan, Nice Share, Like It, Love It, Pertamaax, Keduaaxx, Kunjung Balik yaaa, Visit mee okey, dan saudara-saudaranya". Komentar yang seperti itu bisa dianggap spam. Bahkan si penulis akan merasa tidak dihargai sama sekali jika si pengomentar hanya berkomentar dengan kata-kata seperti itu. Jadi, hindarilah berkomentar seperti diatas, ingat apa rasanya jika kalian sudah mengetik sekian jam dan berharap mendapatkan kritik serta saran yang membangun namun kenyataannya mendapatkan kata-kata seperti diatas ?

4. Berkomentar yang Memancing Percakapan Antar Pembaca

Nah ini juga salah satu tips yang baik guna menjadi pengomentar yang baik. Mengajak berinteraksi antar pembaca maupun dengan penulis blognya. Namun interaksinya saling bertukar pikiran bukan saling hujatan. Sang penulis tentu akan merasa senang jika ada seorang pengomentar seperti ini. Karena akan membuat blognya lebih "hidup". Pengomentar seperti ini juga akan di sukai oleh para blogger lainnya. Efeknya adalah blog yang di komentari oleh blogger seperti ini tidak akan segan-segan untuk memberikan komentar balik di blognya dengan kritik serta saran yang membangun.

5. Berkomentar yang Memberi Manfaat

Berusahalah memberi komentar yang memberi manfaat terhadap pembaca lain dan penulis. Misalnya jika ada kesalahan penulisan dalam artikel maka dia mengingatkan kepada si penulis, atau dia memberikan suatu pengalamannya kepada pembaca lain. Maksudnya begini, pernah saya menemukan trik mendaftar google adsense, dan di dalam komentarnya tersebut beberapa orang yang sudah berhasil mendaftar adsense akan sharing pengalamannya melalui kotak komentar yang ada. Dan ini akan sangat bermanfaat bagi saya yang ingin mendaftar adsense sehingga mendapatkan tips tambahan.

Kesimpulan

Sangatlah mudah untuk menjadi pengomentar yang baik. Kalau kita melakukan hal yang baik kepada blogger lainnya tentu akan memberikan hal yang baik pula bagi kita. Mudah-mudaha artikel diatas bermanfaat untuk para pembaca serta admin sendiri. So, mulai saat ini ayoo jadilah pengomentar yang baik :)
betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Penjelasan Agar Tidak Menjadi Seorang Spammer di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »