Perkembangan Web Browser





Sejarah web browser dimulai pada tahun 1980-an. Pada tahun 1980-an berbagai teknologi mulai membuka lembaga untukmendukung pengembangan browser web untuk pertama kalinya yang akhirnya membuahkan hasil WorldWideWeb (WWW) pada tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee. Setelah itu kemudian mulailah muncul berbagai macam software dan hardware yang mendukung aplikasi web.

Pada bulan April 1990, sebuah rancangan aplikasi untuk halaman browsing melalui link "PageLink" diusulkan oleh Craig Cockburn di Digital Equipment Co Ltd (DEC) . Aplikasi ini menampilkan layar sentuh browser “keyboardless” bagi konsumen, memperkenalkan "navigating and searching text" dan "bookmark" dengan tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan fasilitas-fasilitas baru yang dapat memudahkan kehidupan konsumen seperti , "menyimpan daftar belanja" "memiliki sebuah koran pribadi yang terus update "," memiliki peta dinamis di dalam mobil" serta menunjukkan alat tersebut bisa memiliki efek mendalam pada industri periklanan.
Pada tahun 1992, Tony Johnson merilis browser MidasWWW. Berdasarkan Motif / X, MidasWWW memungkinkan tampilan file PostScript di Web dari Unix dan VMS, dan bahkan dapat menangani compressed PostScript. Web browser populer lainnya adalah ViolaWWW, dengan model HyperCard.
Pada tahun 1996, Pasar browser Netscape's share mencapai angka 86% (dengan Internet Explorer merayap naik 10%), tetapi kemudian Microsoft mulai mengintegrasikan browser dengan sistem operasi dan menjalin hubunganbundling dengan OEM. Walaupun pada awalnya Microsoft menghadapi “Antitrust Ligitation”, tetapi akhirnya perangbrowser berakhir setelah Netscape menyatakan tren pasar saham bersifat ireversibel. Sebelum dirilisnya Mac OS X,Internet Explorer dan Netscape menjadi browser utama yang digunakan pada platform Macintosh.
Karena Netscape tidak dapat melanjutkan pendanaan pengembangan produk komersial, Netscape menanggapinya dengan membuka sourcing produk, menciptakan Mozilla. Pada akhirnya Netscape dibeli oleh America Online padaakhir tahun 1998. Awalnya, proyek Mozilla berjuang untuk menarik pengembang. Tetapi perkembangannya begitu cepat sampai pada tahun 2002 Mozilla telah berkembang menjadi sebuah suite internet yang relatif stabil dan kuat.Pada tahun 2002 akhirnya Mozilla 1.0 dirilis.
Setelah munculnya Mozilla, mulailah bermunculan browser-browser lainnya seperti apple safari, flock, opera, camino, dan lain sebagainya.
Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_the_web_browser
betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Perkembangan Web Browser di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »