Tuesday, November 6

Tanda-Tanda Laptop Atau PC Anda Terkena Virus Trojan




Tanda Komputer Terserang Virus Trojan, Tanda-tanda Komputer terserang Virus Trojan dapat diketahui dengan melihat perilaku tampilan komputer atau hasil deteksi antivirus maupun Trojan scanner. Tanda-tanda tersebut adalah sebagai berikut:

1.       Saat mengunjungi suatu situs, terdapat beberapa pop-up muncul dan telah mengunjungi salah satu pop-up. Namun, ketika akan mengakhiri kunjungan (tidak sepenuhnya dikunjungi), tiba-tiba browser mengarahkan dan membuka secara otomatis beberapa halaman tidak dikenal.
2.       Tampilan kotak pesan yang tak dikenal tampak di layar monitor. Pesan berisi beberapa pertanyaan bersifat pribadi.
3.       Tampilan Windows mengalami perubahan dengan sendirinya. Misalnya, teks screensaver yang baru, tanggal/waktu, perubahan volume bunyi dengan sendirinya, pointer mouse bergerak sendirinya, CD-ROM drive membuka dan menutup sendiri.
4.       Outlock Express menggunakan waktu yang cukup lama saat menutup (close) atau terlihat hang (menggantung) ketika melihat previewnya.
5.       Adanya file yang rusak atau hilang.
6.       Program yang tidak diketahui aktif terlihat di task list.
7.       Tanda atau informasi dari firewall tentang outbound komunikasi dari sumber yang tidak diketahui.
Sebagian tanda-tanda diatas biasanya dilakukan oleh penyerang tingkat pemula dengan ciri memberikan tanda atau pesan di layar monitor. Hal ini berbeda dengan penyerang tingkat lanjut. Ia akan berusaha untuk menutupi dirinya dan menghilangkan jejaknya saat melakukan penyusupan.
Penyerang tingkat lanjut melakukan penyadapan dan menggunakan komputer yang terinfeksi untuk beberapa alasan yang spesifik, serta tidak menggunakan cara-cara seperti penyerang tingkat pemula. Sehingga aktivitasnya diam-diam dan tidak mencurigakan.

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda

Follow by Email