Tentang Teknik Informatika





Apa itu Teknik Informatika

Bagi kalian yang ingin memilih jurusan Teknik Informatika (TI), tetapi masih bingung apa sebenarnya Teknik Informatika itu. Disini saya akan bagi-bagi pengalaman kepada kalian. Saya sendiri adalah mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Gunadarma, banyak yang bilang jurusan ini termasuk jurusan yang sulit, tapi menurut saya tidak juga.


Teknik Informatika berbeda dengan jurusan Teknik Komputer. Teknik Komputer lebih banyak mempelajari hardware komputer. Sedangkan di Teknik Informatika lebih berfokus belajar tentang software komputer. Di teknik informatika akan diajarkan berbagai macam bahasa pemrograman (Programming Language), database, dan jaringan (Networking) . Bahasa pemrograman adalah software yang biasa digunakan untuk membuat program aplikasi komputer seperti kalkulator, aplikasi-aplikasi perkantoran, rumah sakit, perpustakaan, pembuatan game, dan sebagainya. Bahasa pemrograman yang diajarkan beberapa diantaranya adalah; Java, C++, Cobol, Ruby, Python, Visual Basic, Delphi. Kalo database itu pengolahan data secara modern, orang yang pinter database itu masih sedikit dan dicari-cari oleh perusahaan (kata dosen saya). Kalo networking itu belajar tentang jaringan, nyambungin komputer satu dengan komputer lainnya. Contohnya bikin LAN, benerin koneksi internet dan sebagainya.

Semester awal belajar apa?
nih yang gw inget apa aja yg gw pelajarin waktu di semester awal

1. Belajar utak atik command prompt (cmd) di windows
command prompt itu tempat dimana kita bisa ngetik perintah secara langsung ke windows coba ke start-->all program --> accesoris --> command prompt terus ketik "help"

2. Belajar database Mysql
Database mysql ini database yang gampang dan udah terkenal di perusahaan2, pokoknya database itu tempat kita edit2 data berbentuk tabel mirip kayak di microsoft excel

3. Install operating system linux
Biasanya orang-orang pada pake operating system windows; seperti windows xp, windows 7, dll. Padahal operating system windows itu BERBAYAR, tapi banyak pake yang PALSU. Kalo orang awam malah mungkin ga sadar mereka selama ini pake windows bajakan yang sebenarnya ilegal. Nah operating system bernama linux adalah operating system GRATIS (istilah kerennya adalah open source) yang biasa dipakai oleh anak teknik informatika (engga juga si, gw juga masih pake windows)

4. Belajar Bahasa Pemrograman Java
 Pertama belajar bikin program penjumlahan, pengurangan , perkalian di JAVA  mirip kalkulator gitu, tapi awal-awal cuma disuruh bikin penjumlahan, pengurangan, perkalian,  sama pembagian. Bikin lewat JAVA itu udah paling gampang banget deh.

Bagi kalian yang suka gaming disini tempat yang cocok buat kalian. Waktu saya semester 2 saja sudah ada tugas untuk membuat program game sederhana menggunakan bahasa pemrograman bernama python. Di TI kalian para gamers jadi tahu bukan hanya cara bermain game tetapi juga bagaimana sebuah game itu bekerja. Temen-temen anak TI juga banyak sekali yang gamers. Juga bagi kalian yang ingin menjadi programmer, ingin tahu cara membuat virus, mengedit komputer kalian supaya tambah keren, pokoknya jika kalian suka tentang hal apa saja yang berkaitan dengan komputer disinilah tempat yang cocok buat kalian.

Intinya jangan takut teknik informatika akan menyulitkan kalian, apalagi kalian yang suka dengan komputer. Disini tempat yang paling nyaman buat kalian
betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Tentang Teknik Informatika di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »