Tentng Online E-Commerce







Electronic commerce, yang biasa dikenal sebagai e-commerce atau eCommerce adalah pembelian dan penjualan produk atau layanan melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya. Jumlah perdagangan dilakukan secara elektronik telah berkembang luar biasa seiring dengan penggunaan internet yangsemakin meluas. Perdagangan yang dilakukan dengan cara ini, memacu pada inovasi transfer dana elektronik, pemasaran Internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), inventarisasi sistem manajemen, dan sistem pengumpulan data otomatis. Perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya di beberapa titik dalam siklus transaksi itu, meskipun dapat mencakup berbagai teknologi yang lebih luas seperti e-mail, perangkat mobile dan juga telepon.
Elektronik commerce yang dilakukan antara perusahaan yang disebut B2B (Business to Business). B2B dapat terbuka untuk semua pihak yang berkepentingan. Sedangkan Elektronik commerce yang dilakukan antara perusahaan dan konsumendisebut sebagai B2C (Business to Consumen) seperti jenis electronic commerce yang dilakukan oleh perusahaan seperti Amazon.com. Belanja online adalah suatu bentuk perdagangan elektronik di mana pembeli langsung secara online bertransaksi dengan penjual melalui internet. Dalam Amazon.com transasi ini tidak ada pelayanan perantara. Transaksi jual beli diselesaikan dengan caraelektronik dan interaktif. Sedangkan dalam e-Bay.com ada pelayanan perantaranya.
Kelebihan e-commerce :
> Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
> Meningkatkan daya saing perusahaan
> Menggantikan konsep manual
> Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah
> Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya
> Dalam melakukan transaksi melibatkan intitusi lain, sehingga menguntungkan bagi intitusi itu.

Kekurangan e-commerce :
> Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan
> Penjelasan produk kurang jelas
> Harga terkadang tidak sesuai
> Produk kurang dikenal oleh masyarakat
> Kurang aman dalam melakukan transaksi
> Tampilan produk kurang jelas
> sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan.
Sumber
http://en.wikipedia.org/wiki/E-commerce
http://www.gahara88.co.cc/2010/03/kelebihan-e-commerce-meningkatkan.html
betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Tentng Online E-Commerce di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »