Burung Daun Sayap Biru


Burung Daun Sayap Biru (Chloropsis cochinchinensis) merupakan spesies burung daun yang terdapat di hutan dan hutan kedua dari Selatan Asia Tenggara Jawa sehingga timur Borneo dan timur laut India. Ia biasanya turut merangkumi burung daun Jerdon (C. jerdoni) dari Benua India, dan Burung Daun Borneo (C. kinabaluensis) dari utara Borneo sebagai spesies kecil tetapi berbeza dari segi ukuran dan morfologi, dengan burung daun Jerdon tiada warna biru pada bulu pelepah terbang, dan burung Daun Borneo betina memiliki jambul seperti jantan yang jelas. Taburan burung Daun Sayap Biru dan burung Daun Borneo diketahui menghampiri sesama sendiri tetapi tiada bukti berlaku percampuran.
Burung jantan berbadan hijau dangan kepala seiras kekuningan, muka dan leher hitam. Ia memiliki garis bibir biru. Burung betina berbeza dangan kepala lebih kehijauan dan leher biru, dan burung muda kelihatan seperti burung betina kecuali tompokan biru di leher.

Nama lokal : Burung Daun Sayap Biru
Nama ilmiah : Chloropsis cochinchinensis




Paruh lurus melengkung berwarna hitam, tipe pemakan biji-bijian, lubang hidung ditutupi oleh kulit lunak (korona). Bulu dahi berwarna kuning, penutup telinga berwarna hitam, kranium kearah dorsal berwarna hijau. Sayap berwarna hijau. Bagian pinggir berwarna biru. Bulu paha berwarna hijau, sisik pada tungkai dan jari berwarna hitam. Kaki bertipe petengger. Tiga jari menghadap kedepan,satu jari menghadap ke belakang,cakar kecil dan tajam. Penutup ekor bagian atas berwarna hijau, penutup ekor bagian bawah berwarna biru. Ekor tipe bulat, berwarna hijau. Bulu  pada ekor bertipe retrices.


Ia agak biasa sepanjang julatnya, dan dengan itu dianggap kurang membimbangkan oleh Persatuan Burung Antarabangsa ("BirdLife International").

Ia hampir menyerupai burung Daun Dada Emas ("Golden-fronted Leafbird") yang ketiadaan warna biru pada pelepah penerbangan dan ekor, sebaliknya memiliki dahi keemasan.

Sebagaimana burung Daun yang lain, panggilan burung Daun Sayap Biru terdiri daripada campuran pelbagai panggilan spesies burung yang lain.
betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Burung Daun Sayap Biru di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon