Burung merpati (Columba livia)



Burung merpati termasuk pada suku columbidae, burung ini di pelihara sebagai masyarakat sebagai burung aduan. Burung ini mempunyai kemampuan terbang tinggi dan dapat kembali dengan hinggap pada punggung burung betina. Umumnya burung jantan dan jenis nya akan mempunyai ukuran tubuh dan leher yang lebih besar. Burung merpati tergolong burung yang kuat daya tahan tubuh dan dapat dijinakan (Soeseno, 1995).

Burung merpati mempunyai penglihatan tajam sertaa perkembangan kantong hawa sangat baik sehingga dapat terbang jau dan tinggi di bandingkan dengan burung lain. Alat pencemaan memiliki tembolok untuk menyimpan makanan sebelum dicerna dan temblok pada induk yang membesarkan anak akan mengeluarkan cairan dan kelenjar tembolok (susu tembolok).

Burung ini mempunyai sipat alamiah di alam bebas yaitu hidup secara berkelompok, terbang dan mencari makanan bersama-bersama (Hatmono, 2001) Menurut Soemadi dan muthalib (1995) bahwa pakan burung ini adalah berupa biji-bijian berupa gabah, jagung, biji kenari, dan biji kacang tanah. Burung ini dapat juga diberikan sayuran berupa bayam, kangkung, wortel, dan seledri yang sudah di potong kecil-kecil.
betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Burung merpati (Columba livia) di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon