Burung perkutut (geopelia striata)



Burung perkutut termasuk pada suku columbidae. Burung ini banyak dikenal dan dipelihara masyarakat untuk keperluan lomba. Pada sbagian masyarakat memelihara burung perkutut berdasarkan kepercayaan tertentu. Burung ini mempunyai bentuk kepala pada jantan agak besar dan sedikit tegak sedangkan pada burung betina bulat dan kecil. 

Penglihatan sangat tajam dan dapat menyesuaikan din dengan keadaan atau mengikuti perubahan. Paruhnya panjang dengan paruh meruncing dan wama bulu kelabu kebiruan. Pada umumnya ukuran tubuh kecil, panjang pada burung jantn berkisar antara 20-25 cm sedangkan pada betina 18-20cm (Sarwono,1990). Burung ini umumnya tergolong pada burung jinak dan mempunyai kebiasaan turun ketanah, kebun dan halaman untuk mencari makanan. 

Di Indonesia terdapat di Sumatera, Jawa, Bali dan Lombok. Menurut Soemadi dan Muthalib (1995) bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi keindahan soars pada burung perkutut adalah jenis makanan. Pakan burung ini berupa padi-padian berupa beras merah, ketan hitam, gabah dan jawawut.

betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Burung perkutut (geopelia striata) di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon