Tanda dan gejala Tbc Secara Umum dan Tbc Paru


Penderita yang terinfeksi TBC (terutama mereka yang tergolong tbc aktif) akan mengembangkan gejala antara lain batuk (khas disertai dengan dahak berdarah), penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, cepat kelelahan, demam, berkeringat pada malam hari, kedinginan, sampai kehilangan nafsu makan.

Tbc sangat sering menyerang paru-paru, itulah mengapa kita mengenal tbc paru (atau tb paru). Tanda dan gejala tbc paru-paru umumnya terdapat perbedaan antara lain batuk yang berlangsung tiga minggu atau lebih, batuk darah, nyeri dada atau sakit ketika bernapas atau batuk.

Selain paru-paru, tbc juga dapat mempengaruhi bagian-bagian lain dari tubuh, termasuk ginjal, tulang belakang atau otak. Bila tbc terjadi di luar paru-paru, gejala tbc yang timbul bervariasi menurut organ yang terlibat. Sebagai contoh, tuberkulosis tulang belakang dapat memberikan nyeri punggung, dan gejala penyakit tbc pada ginjal Anda dapat menyebabkan darah dalam urin atau hematuri.
Temui dokter jika mengalami demam, penurunan berat badan, keringat malam atau batuk terus-menerus.

 Tanda-tanda ini merupakan peringatan akan penyakit sehingga mungkin diperlukan pengobatan tbc secara dini, bisa sajatanda tanda tersebut adalah gejala tbc. Dokter biasanya dapat melakukan tes untuk membantu menentukan penyebabnya.



Ditularkan melalui udara. Para penderita TBC seringkali batuk. Dari batuk inilah, kuman TBC terhirup sampai paru-paru oleh anak-anak yang sehat. Sehingga kuman TBC ini akan masuk melalui paru-paru. 

Paru-paru inilah yang merupakan tempat yang lazim bagi infeksi TBC
TBC juga dapat ditularkan melalui susu. Cara penyebarannya melalui susu yang tidak steril (biasanya hanya dipanaskan sampai 60 derajat celcius). Susu ini kemudian dikonsumsi oleh orang yang sehat. Dalam hal ini usus merupakan tempat yang pertama. Kuman TBC ini melalui sapi yang menderita TBC.

Awasi juga, kuman TBC juga bisa masuk melalui kulit terbuka. Kuman TBC yang masuk akan masuk menjadi sel infeksi,pada perjalanan selanjutnya, kuman akan tidur. Pada fase inilah yang sangat berbahaya, karena saat tubuh lemah, kuman akan menginfeksi kekebalan tubuh manusia.
betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Tanda dan gejala Tbc Secara Umum dan Tbc Paru di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon