Tanda-Tanda Dan Gejala Infeksi Tbc


Pada umumnya, penderita TBC tidak mengalami gejala apapun. Dalam artian tidak mengalami kelihatan sama sekali. Sekalipun ada maka gejalanya adalah batuk dan demam ringan sekali. Demam dan batuk itu pun hanya berlangsung sebentar.

Menurut beberapa literatur, tanda pertama yang dialami oleh pasien TBC adalah pasien tersebut yang biasanya lincah maka akan terlihat lesu dan tidak bergairah. Gejalan lanjutan dari penderita TBC biasanya berat badan menurun drastis dan tentu saja nafsu makan menurun. Parahnya, jika menyerang paru-par, maka paru-paru tersebut akan berlubang dan pasien akan membatukkan darah.

Batuk yang dialami oleh penderita TBC memang pada awalnya hanya batuk ringan, meski demikian jika pasien tidak memeriksakan dirinya ke dokter, maka batuk tersebut bisa berlanjut sangat berat. Biasanya batuk ini juga diikuti dengan selesma.

Penyakit ini ternyata sangat erat kaitannya dengan keadaan gizi seseorang. Daya tahan tubuh penderita sangat menentukan keadaan penderita sesudah serangan pertama. Biasanya pasien yang memiliki kecukupan gizi yang baik, daya tahan tubuh yang lebih kuat. Karena itulah biasanya pasien yang memiliki kecukupan gizi yang baik, akan dapat sembuh dengan sendirinyawalaupun tidak diobati.

Sebaliknya, jika pasien kekurangan gizi, maka kuman TBC akan menyebar sangat cepat ke beberapa bagian tubuh, seperti ginjal,hati da tulang.


betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Tanda-Tanda Dan Gejala Infeksi Tbc di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon