Kandungan, Khasiat, Beserta Manfaat Buah Jamblang


Buah duwet merah atau yang biasa dikenal dengan sebutan jamblang, juwet, atau jambolan. adalah buah yang rasanya ramai sekali manis, sedikit sepat, asam,dan segar.  Meskipun bentuk, ukuran, dan warnanya lebih mirip dengan buah anggur, entah kenapa dalam bahasa Inggris dinamakan java plum (Tropical Fruits of Indonesia, 2000). Mungkin karena sama-sama berbiji satu.

     Buah ini berasal dari famili myrtaceae, genus syzygium,spesies s.cumini, sehingga bernama syzygium cumini (L) skeels. biasa tumbuh liar dipekarangan rumah, ladang, dan lereng gunung. tiap 100gram buah jamblang mengandung vitamin C 130mg, fosfor 138mg, energy 134kkal,dan juga mengandung karbohidrat, zat besi, kalsium, lemak, dan protein meski dalam jumlah yang sedikit namun buah duwet merah ini banyak mengandung antioksidan. Tidak banyak yang tahu, duwet memiliki khasiat kesehatan, terkait dengan aktivitas antioksidannya yang tinggi. Ini disebabkan warna (pigmen) ungu yang dikenal dengan nama antosianin. 

 Antioksidan ini berperan penting dalam mencegah dan memerangi aneka penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner dan kanker. Antioksidan duwet dipengaruhi oleh tahapan kematangannya. Buah mentah (berwarna hijau) memiliki aktivitas antioksidan yang rendah. Buah yang hampir masak (merah dan agak keras) punya aktivitas antioksidan sedikit lebih baik. Sedangkan buah masak (berwarna ungu) memiliki aktivitas antioksidan paling tinggi.

     Antioksidan dipercaya mempunyai peran penting terhadap kesehatan, khususnya dalam mencegah dan memerangi penyakit-penyakit degeneratif, seperti CHD (coronary heart disease) dan kanker. sebelumnya para ilmuwan percaya bahwa konsumsi buah dan sayur dapat menurunkan resiko kanker karena buah dan sayur banyak mengandung antioksidan dan vitamin C (asam askorbat), vitamin E (tokoferol), dan beta karoten(provitamin A). namun studi akhir-akhir ini menunjukkan bahwa polifenol bisa bekerja dalam mencegah kanker, misalnya memblok karsinogen, sebagai antioksidan, menyapu radikal bebas, antiproliferasi, maupun antiprogresi. polifenol meliputi beberapa golongan senyawa, termasuk di antaranya flavanoid dan salah satunya anggota antosianin.

     antosianin sebagai penyebab warna ungu pada buah dikenal sebagai pigmen yang umumnya pada buah dan bunga dengan variasi merah, ungu, biru sampai jingga,seperti pada buah stroberi, murbei, markisa, blueberry. antosianin larut dalam air sehingga memudahkan inkorporasi ke dalam bahan pangan.antioksidan antosianin mempunyai antioksidan dua kali lipat dibandingkan anti oksidan komersial yang sudah banyak dikenal selama ini seperti katekin dan alfa-tokoferol.

     antioksidan memiliki dua fungsi yang pertama adalah sebagai pemberi atom hidrogen. antioksidan (AH) yang mempunyai fungsi utama tersebut sering disebut sebagai antioksidan primer.senyawa ini dapat memberikan atom hidrogen secara cepat ke radikal lipida(R*, ROO*) atau mengubahnya ke bentuk lebih stabil, sementara turunan radikal antioksidan (A*) tersebut memiliki keadaan lebih stabil dibanding radikal lipida. fungsi sekunder yairu memperlambat laju autooksidasi dengan berbagai mekanisme diluar mekasnisme pemutusan rantai autooksidasi dengan pengubahan radikal lipida ke bentuk lebih stabil.

betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Kandungan, Khasiat, Beserta Manfaat Buah Jamblang di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon