Cara Menjaga Kewibawaan Di Tempat Kerja


Seorang karyawan harus dituntut untuk bertindak profesional dalam posisinya disuatu lingkungan kerja. Sikap dan tindak tanduk sehari-hari akan mencerminkan sikap profesionalisme dan kreadibilitas sebagai karyawan yang berwibawa. Bila Anda tidak ingin menjadi bahan cemoohan orang atau di cap sebagai karyawan yang tidak profesional sehingga menjatuhkan kewibawaan Anda dihadapan rekan kerja lainnya, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ditempat kerja seperti dibawah ini :
  • Selalu melapor kepada atasan. Jika setiap menghadapi suatu masalah, seorang bawahan selalu melapor keatasan, hal itu akan menunjukkan ketidakmampuan bawahan dalam menangani sebuah masalah. Selalu lapor keatasan sekaligus memperlihatkan bagaimana kreadibilitas karyawan. Solusinya jika harus melibatkan atasan maka sampaikan persoalan tersebut dengan tenang, jangan lupa berikan pendapat kita tentang solusi masalah tersebut.
  • Cari muka. Jangan habiskan waktu dikantor untuk camuk atau cari muka keatasan. Cara ini membuktikan ketidakprofesionalisme dalam bekerja. Zaman sekarang seorang atasan akan lebih menghargai karyawannya yang dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik daripada karyawan yang sering cari perhatian atasan. Sebaiknya hargai atasan sama halnya menghargai rekan kerja lainnya.
  • Memuji diri sendiri atau sombong. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam rangka memuji diri sendiri, diantaranya selalu melapor keatasan bahwa kita adalah seorang pekerja keras dan selalu datang tepat waktu. Bila atasan cukup profesional dan obyektif menilai, atasan dan rekan kerja justru akan membenci kita.
  • Ponsel aktif saat rapat. Kurang sopan bila telepon seluler (ponsel) berdering saat rapat kantor sedang berlangsung. Solusinya adalah pilihlah nada getar untuk ponsel Anda.
  • Pasif. Seorang bawahan akan terlihat tidak profesional jika ia hadir dirapat dalam keadaan pasif dan hanya menjadi pendengar setia. Persiapkan catatan kecil atau alat tulis untuk menulis hal-hal penting dan jadilah pribadi yang aktif saat rapat.
  • Boros. Usahakan untuk mempersingkat pesan yang ingin disampaikan. Baik melalui telepon atau e-mail. Misalnya sampaikan topik yang ingin Anda disampaikan dengan jelas dan ringkas. Jika pesan yang harus disampaikan tidak bisa disampaikan melalui telepon atau e-mail, sebaiknya bertemu langsung dengan orang yang bersangkutan.
  • Menghilang dari kantor. Pasti sangat menjengkelkan bila rekan kerja pergi meninggalkan kantor lebih dari setengah hari tanpa memberitahukan kepada siapapun yang ada di kantor. Sebaiknya Anda menghindari hal seperti ini, karena dampaknya akan buruk sekali bagi Anda dan pekerjaan Anda. Tinggalkan nomor telepon agar dapat dihubungi dan tetap meninggalkan pesan atau izin kepada atasan dan salah satu rekan kerja, kapan akan kembali dan siapa yang dapat dihubungi jika keadaan darurat.

Jika Anda bisa menghindari hal-hal diatas pasti Anda akan lebih disegani rekan-rekan dikantor Anda dan kewibawaan Anda pun akan terjaga. Demikian tadi tips untuk menjaga kewibawaan di tempat kerja, semoga dapat bermandaat bagi Anda.

betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Cara Menjaga Kewibawaan Di Tempat Kerja di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon