Proxy Server


Proxy server adalah aplikasi khusus atau program server yang berjalan pada host firewall; baik pada dual-homed host yang memiliki sebuah interface ke jaringan internal dan interface lain ke jaringan eksternal, atau pada bastion host yang memiliki akses ke Internet dan dapat diakses oleh mesin internal. Program ini menangani request-request untuk service-service Internet dari user dan melewatkannya ke service yang sebenarnya. Proxy menyediakan koneksi pengganti dan bertindak selaku gateway terhadap service-service tersebut. Oleh karena itu proxy sering juga disebut gateway level aplikasi.

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja packet filtering, kita harus mengetahui perbedaan antara router biasa dengan sebuah screening router. Router biasa hanya melihat alamat IP tujuan dari suatu packet data dan mengarahkannya ke jalur yang terbaik agar packet data tersebut sampai ke tujuannya. Bila router tidak dapat melakukannya, packet data akan dikembalikan ke sumbernya.
Screening router tidak hanya menentukan apakah router dapat melewatkan suatu packet data atau tidak, tetapi juga menerapkan suatu aturan yang akan menentukan apakah packet data tersebut akan dilewatkan atau tidak. Pemfilteran ini didasarkan pada :
1. IP sumber dan IP tujuan dari packet data
2. Port sumber dan port tujuan dari data
3. Protokol yang digunakan (TCP, UDP, ICMP, dan sebagainya)
4. Tipe pesan ICMP

betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Proxy Server di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon