Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA)

ISPA merupakan singkatan infeksi saluran pernafasan akut, istilah ini diadaptasi dalam bahasa inggris Acute Respiratory Infection (ARI). Istilah ISPA mempunyai 3 unsur yaitu: infeksi, saluran pernafasan, dan akut, dengan definisi sebagai berikut:

a.Infeksi adalah masuknya kuman atau mikroorganisme ke dalam tubuh manusia dan berkembang baik sehingga menimbulkan penyakit. 

b.Saluran Pernafasan adalah organ mulai dari hidung hingga alveoli beserta organ agnesanya seperti sinus-sinus, rongga telinga tengah dan pleura. ISPA secara anatomis mencakup saluran pernafasan bagian atas, saluran pernafasan bagian bawah termasuk jaringan paru-paru dan organ agnesa saluran pernafasan. Dengan batasan ini jaringan paru termasuk dalam saluran pernafasan

c.Infeksi Akut adalah infeksi yang berlangsung sampai dengan 14 hari, batas 14 hari diambil untuk memasukan proses akut meskipun untuk beberapa penyakit yang dapat digolongkan dalam ISPA proses ini dapat berlangsung lebih dari 14 hari.


Pada umumnya suatu penyakit saluran pernafasan dimulai dengan keluhan-keluhan dan gejala-gejala menjadi lebih berat dan bila semakin berat dapat jatuh dalam keadaan kegagalan pernafasan dan mungkin meninggal. Bila sudah dalam kegagaan pernafasan maka dibutuhkn penatalaksanaan yang lebih rumit, meskipun demikin mortalitas masih tinggi, maka perlu dimusnahkan agar yang ringan tidak menjadi berat dan sudah berat cepat-cepat ditolong dengan tepar agar tidak jauh dalam keggalan prnafasan.
        

Penyebab Terjadinya ISPA

Penyakit dapat disebabkan oleh berbagai penyebab seperti bakteri, virus Mycoplasma, Jamur dan lain-lain. ISPA bagian atas umumnya disebabkan oleh virus, sedngkan ISPA bagian bawah yang disebabkan oleh bakteri sehingga menimbulkan beberapa masalah dalam penanganan.
Bakteri penyebab ISPA antara lain adalah dari genus Streptococcus, Staphyloccus, Hemofillus, Bordetela, dan Corinebacterium. Virus penyebab ISPA antara lain adalah golongan Miksovirus, Adenovirus, Koronavirus, Mikoplasma, dan lain-lain (Anonim, 2012).



Klasifikasi ISPA

Dalam penentuan klasifikasi di dibedakan atas dua kelompok yaitu untuk kelompok untuk umur 2 bulan sampai 5 tahun dan kelompok untuk umur kurang dari 2 bulan.

Untuk kelompok umur 2 bulan sampai 5 tahun klasifikasi dibagi atas: pneumonia berat, pneumonia dan bukan pneumonia.

Untuk kelompok umur kurang dari 2 bulan klasifikasi dibagi atas: pneumonia berat dan bukan neumonia. Dalam pendekatan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) klasifikasi pada kelompok umur kurang dari 2 bulan adalah infeksi bakteri yang serius dan bakteri lokal.

Penularan ISPA

Cara penularan ISPA kontak langsung melalui mulut dan droplet (pengecilan tetesan seperti partikel cairan yang dimuntahkan dari mulut  pada waktu kita batuk, bersin, atau berbicara yang mungkin membawa infeksi yang lain melalui udara atau penularan terjadi karena kontak langsung melalui udara).

Atau penularan terjadi karena kontak langsung melalui tangan, sapu tangan, peralatan makanan atau benda-benda lain yang baru saja terkontaminasi oleh saluran pernafasan dari orang-orang yang terinfeksi. Virus yang dikeluarkan melalui tinja fekal-oral (Depkes RI, 2001).
 







betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon