Bidang Keahlian IT Infrastructure

Banyak pihak yang menganggap bahwa infrastruktur IT merupakan salah satu cost centre yang menghabiskan banyak biaya, baik dalam penyelenggaraan maupun dalam perawatannya. Sekilas mungkin memang terlihat demikian. Namun, dengan adanya infrastruktur IT yang mapan dan dinamis akan menjadi investasi yang berharga bagi perusahaan. Sistem dan infrastruktur yang telah dikembangkan tersebut akan menjadi sarana bagi perusahaan untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan. Selain itu, perusahaan juga dapat membuat jalinan hubungan antara satu divisi dengan divisi yang lain sehingga dapat terbina komunikasi yang cepat dan akurat. Hal ini akan membuat perusahaan menjadi semakin mudah menjalankan usahanya.

Infrastruktur IT merupakan suatu hal yang sangat mutlak harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. Infrastruktur IT terdiri dari satu set perangkat fisik dan aplikasi perangkat lunak yang diperlukan untuk mengoperasikan seluruh perusahaan. Tetapi infrastruktur IT juga merupakan satu set pelayanan perusahaan secara global yang dianggarkan oleh management perusahaan yang terdiri dari keahlian manusia maupun secara teknis.

Infrastruktur IT yang baik akan memberikan kontribusi bagi manajemen perusahaan. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari infrastruktur IT yang baik antara lain, dapat memberikan:
  • Dasar pengolahan data yang dapat memberikan layanan telekomunikasi yang menyediakan data, suara, dan konektivitas video sebagai penghubung antara karyawan, pelanggan, dan pemasok.
  • Jasa pengolahan data yang dapat menyimpan dan mengatur data serta menyediakan kemampuan untuk menganalisis data.
  • Jasa aplikasi perangkat lunak yang memberikan kemampuan secara luas seperti perencanaan sumber daya perusahaan, manajemen hubungan dengan konsumen, manajemen rantai nilai dan sistem pengetahuan manajemen yang dibagikan pada semua unit bisnis.
  • Jasa manajemen fasilitas fisik yang mengembangkan dan mengatur instalasi fisik yang diperlukan untuk mengolah telekomunikasi dan manajemen data.
  • Jasa manajemen IT untuk merencanakan dan mengembangkan infrastruktur koordinasi dengan unit bisnis untuk layanan IT, mengelola pengeluaran untuk IT dan menyediakan jasa manajemen proyek.
  • Jasa standar IT yang menyediakan perusahaan dan unit bisnisnya sebuah kebijakan yang menentukan mana teknologi informasi yang akan digunakan, kapan, dan bagaimana.
  • Jasa pendidikan IT yang menyediakan pelatihan, sistem yang digunakan oleh karyawan dan menawarkan pelatihan bagi para manajer tentang bagaimana cara merencanakan dan mengatur investasi IT.
Jasa pengembangan dan penelitian bagi perusahaan yang menyediakan bagi perusahaan sebuah penelitian tentang proyek IT yang potensial dimasa yang akan datang dan investasi yang dapat membantu perusahaan yang berbeda dengan para pesaingnya.


Bentuk-bentuk dasar jasa IT tersebut membuat kita menjadi lebih mudah memahami nilai bisnis yang disediakan oleh investasi infrastruktur tersebut. Hubungan antara perusahaan, infrastruktur IT, dan keahlian berbisnis yaitu pelayanan perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen, pemasok, maupun karyawannya secara langsung melalui infrastruktur IT yang ada. Idealnya, infrastruktur IT harus mendukung bisnis perusahaan dan strategi sistem informasi. Teknologi baru dalam sistem informasi memiliki dampak yang besar pada bisnis dan strategi IT serta layanan yang dapat diberikan pada para konsumen. 

          Infrastruktur IT merupakan salah satu komponen yang penting bagi terciptanya sistem informasi teknologi yang baik. Infrastruktur IT yang dijalankan dengan baik dapat memberikan keuntungan yang optimal bagi perusahaan. Hubungan antara perusahaan dengan pihak eksternal seperti pelanggan dan pemasok menjadi semakin baik dengan adanya infrastruktur yang dijalankan dengan optimal. Apalagi di masa sekarang ini, dimana persaingan bisnis yang begitu ketat, dengan banyak kompetitor di bidang usaha yang sama, menuntut perusahaan untuk lebih inovatif dalam memberikan pelayanan serta kualitas produk yang unggul bagi para pelanggan.
betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Bidang Keahlian IT Infrastructure di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon