Langkah Sukses Sebagai Entrepreneur



Jika Anda ingin Sukses Sebagai Entrepreneur, ada beberapa kemampuan inti yang harus Anda miliki. Kebanyakan skill ini tidak diajarkan di sekolah bisnis, namun skill yang harus terasah di dunia nyata. Sekali Anda membangun keahlian-keahlian tersebut, Anda akan dapat mengaplikasikannya di semua bidang bisnis yang Anda miliki. Ini adalah keahlian khusus yang harus dimiliki setiap entrepreneur:

Kepemimpinan(Bukan Manajemen)
John Bogle, pendiri The Vanguard Fund, sebuah perusahaan reksa dana terbesar di dunia, mendefinisikan leadership sebagai mengetahui apa yang pantas dilakukan. Sedangkan manajemen adalah mengetahui bagaimana melakukannya. Seorang pemimpin harus dapat memutuskan apa yang penting dan apa dampak yang akan didapatkan perusahaan dari keputusan tersebut. Mereka harus membuat keputusan moral ketika menyangkut pofit dan kapan harus berkorban bagi perusahaan demi kebaikan jangka panjang. Seorang pemimpin harus dapat mengidentifikasikan apa yang terbaik bagi setiap orang, termasuk klien, karyawan, dan shareholder.
Pemimpin juga harus membuat keputusan bisnis yang bijak. Manajer adalah seseorang yang mengerti hal-hal seperti manajemen waktu, project flow, melihat performa karyawan dan lainnya. Tapi kebanyaka mereka bukanlah orang yang tepat untuk menyetir sebuah perusahaan. Entrepreneur yang baik harus tahu bagaimana menjadi pemimpin, bukan sekedar manajer. Dan akan lebih sempurna lagi jika Anda memiliki kemampuan memimpin dan juga manajerial yang baik.

Ketekunan dan Kesabaran
Dalam buku ‘Good to Great’, salah satu buku bisnis terkemuka abad ini, Jim Collins melakukan  riset terhadap sebelas perusahaan memiliki performa bagus selama 15 tahun ini. Salah satu kunci yang Ia temukan adalah ketekunan dan kesabaran. Ia mengibaratkan hal ini seperti roda metalik besar yang terus menerus berputar. Jika Anda ingin membuat roda metalik yang besar tersebut berputar, awalnya roda-roda tersebut bahkan tak berpindah. Anda dapat melakukan upaya yang besar untuk memutar roda tersebut, tetapi tetap
saja mereka tidak bergerak. Tetapi, begitu mereka mulai bergerak, awalnya memang lambat namun lama kelamaan akan cepat dan makin cepat lagi. Ini berarti diperlukan waktu hingga roda-roda tersebut mulai berputar. Di titik tersebut, akan sulit bagi roda tersebut untuk berhenti, bahkan ia akan berputar semakin cepat.
Membangun usaha atau bisnis adalah seperti roda tersebut. Awalnya terasa sulit untuk bergerak dan menyelam ke dalam dunia tersebut, namun ketika Anda mendapatkan momentumnya, itu akan dua kali lipat
lebih mudah. Triknya adalah Anda harus memiliki ketekunan dan kesabaran untuk menjalankan bisnis yang penuh tantangan.

Fokus pada Tim dan Sumber Daya
“Ambil 20 orang terbaik yang saya punya, dalam semalam Microsof akan langsung menjadi perusahaan yang biasa-biasa saja.” -- Bill Gates Baik Bill Gates maupun Mark Zuckerberg, satu hal yang secara konsisten ada dalam perusahaan-perusahaan terbesar di dunia adalah upaya keras untuk merekrut orang-orang terbaik di bidangnya. Lebih dari apapun, kesuksesan perusahaan Anda adalah berdasarkan orang-orang yang Anda pekerjakan. Tujuan Anda adalah merekrut orang yang lebih pintar dan lebih kompeten dari Anda. Jangan merekrut tim yang dapat Anda pimpin, tapi rekrut tim yang dapat membawa perusahaan Anda ke arah yang jauh lebih baik daripada jika Anda menjalankan perusahaan Anda sendirian.

Itulah beberapa keahlian kunci yang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur. Keahlian-keahlian ini tidak akan dapat dibangun hanya dalam sehari, tapi ini adalah keahlian-keahlian yang dapat dipelajari oleh Anda yang ingin menjadi entrepreneur sukses!

Sumber : Majalah Bisnismu

betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Langkah Sukses Sebagai Entrepreneur di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon