Air Terjun 7 (Tujuh) Panggung Objek wisata Empat lawang


Lokasi : Desa Tanjung Alam, Kecamatan Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang Sumatera selatanAir terjun Tujuh Panggung adalah salah satu potensi destinasi wisata Sumatera Selatan yang belum tergarap secara profesional. Lokasinya tersembunyi di antara deretan Bukit Barisan nun di tengah keindahan alam perawan di kaki Gunung Dempo. Air terjun ini merupakan bagian panorama alam yang masih belum tersentuh, tersuruk di antara kebun-kebun penduduk Desa Tanjungalam dan kawasan hutan yang masih perawan.

Berada pada ketinggian 1200 m (dpl),  Air Terjun Tujuh Panggung menjanjikan nuansa segar alam pegunungan yang memacu adrenalin. Untuk mencapainya, para pengunjung harus rela berjalan kaki sekitar satu jam dari desa terdekat. Ojek dapat meringankan perjalanan, tetapi hanya mampu mengantarkan sampai separuh jalan. Selebihnya pengunjung harus berjalan kaki meniti jalan setapak di lereng bukit terjal nan licin berlumut. Pengunjung juga dapat menguji nyali untuk mencapai lokasi dengan membawa sepeda motor trail pribadi. Tentu saja dilengkapi dengan rantai khusus yang dipasang di roda.

Bagi petani setempat yang berhuma di pelosok-pelosok hutan, naik  turun bukit berkendara motor sudah menjadi makanan sehari-hari. Bahkan anda dapat menyaksikan pemandangan unik dan mendebarkan kala para petani mengendarai sepeda motor turun bukit berbeban tiga pikul kopi (tiga karung kopi ukuran 100kg) melalui akses jalan setapak di lereng-lereng bukit terjal dan hutan rimbun. Sepeda motor mereka biasanya sudah dimodifikasi dengan menggunakan gir rantai yang lebih besar, serta membuang sayap dan tempat injakan kaki. Tak jarang di atas karung kopi duduk pula seorang anak.

Nama Air Terjun Tujuh Panggung konon diambil dari kondisi air terjun yang terdiri dari tujuh tingkat. Setiap tingkat memiliki keindahan dan keunikan yang berbeda. Setiap tingkat juga menyuguhkan tantangan dan kepuasan yang berbeda.

Air terjun di panggung pertama terdiri dari enam deretan air mancur yang masing-masing setinggi sekitar dua meter dan di bawahnya ada lubuk sedalam sekitar 3-4 meter dengan luas sekitar 45 meter. Tentu saja airnya yang jernih dan dingin sangat mengundang keinginan anda untuk berendam. Kepuasan tingkat pertama terlampiaskan.

Pada panggung kedua hingga ketujuh juga memberikan nuansa yang tak kalah mengasyikkannya. Ketinggian air terjun pada setiap tingkat bervariasi antara 5-14 meter. Di panggung ketujuh, malahan terdapat dua sumber air yang mengucur ke lubuk di bawahnya dengan ketinggian sekitar 10 m. Tidak banyak yang berani menapaki panggung ke tujuh ini, karena memang jalan ke sana cukup terjal. Kemiringan tebing bebatuannya mencapai 45 derajat. Panggung ini juga memberikan kesan angker karena ada pusaran air yang cukup kuat. Di atasnya lagi, sesungguhnya masih ada dua panggung air terjun.  Namun belum ada satu orang pun yang berani menapakinya, karena memang jalan kesana cukup terjal ,  curam, dan juga berlumut sehingga sulit didekati. Mungkin anda tertarik untuk menorehkan nama di panggung ke tujuh ini. Kami siap mencatatnya.
betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Air Terjun 7 (Tujuh) Panggung Objek wisata Empat lawang di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

1 comments:

Nov 15, 2015, 1:09:00 AM Reply Delete Delete

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata dengan sejumlah wisata yang menarik. Sangat bermanfaat untuk dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

avatar

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon