Cara Berfikir Para Pengusaha Yang Wajib Ditanamkan Sejak Membangun Karir


Seorang pengusaha atau pebisnis harus memiliki pemikiran yang berbeda dengan yang lain. Dengan kata lain, seorang pebisnis harus memiliki pikiran kreatifnya sendiri untuk bisa menciptakan, mempertahankan dan bahkan untuk mengembangkan sebuah bisnis yang dijalaninya. Terlebih di saat suhu persaingan bisnis semakin memanas, makin banyak pula kompetensi bisnis yang harus kita kuasai.
Cara berfikir pengusaha haruslah kreatif dan berbeda dari para pesaing. Pasalnya, hal tersebut adalah salah satu elemen yang sangat penting untuk mendukung bisnis Anda. Di bawah ini adalah cara berpikir berbeda yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha.

1. Berpikir Tantangan Adalah Sebuah Peluang
Dalam berbisnis pasti akan mengalami pasang surut, termasuk di situ ada kemunduran, hambatan maupun rintangan. Kita semua pasti sadar bahwa ketika mengalami suatu kemunduran berbisnis pasti terasa sangat meyakitkan. Namun demikian ada sebagian pebisnis bereaksi negatif ketika mengalami kemunduran dan hambatan.
Pengalaman negatif kadang juga sangat dibutuhkan untuk mendorong kemajuan bisnis Anda semakin pesat. Jadikan semua tantangan yang Anda hadapi sebagai peluang yang menjanjikan. Karena dalam setiap tantangan pasti menyembunyikan sebuah kunci sukses untuk selalu menumbuh-kembangkan sebuah bisnis.

2. Jadikan Pesaing Sebagai Sumber Pelajaran
Lebih baik jadikan pesaing sebagai sumber pelajaran, dari pada menjadikannya sebuah ancaman. Terlalu menghabiskan energi jika Anda hanya memikirkan pesaing sebagai ancaman. Jadikan pesaing Anda untuk memperkaya dan mempelajari lebih dalam tentang industri atau bisnis yang sedang Anda geluti.
Dengan mempelajari model bisnis dari pesaing Anda, Anda bisa memikirkan hal apa yang bisa membuat beda dan unik dalam bisnis Anda. Banyak pelajaran yang bisa Anda ambil dari pesaing, misalnya dalam branding, pemasaran, bisa mengajarkan kepada Anda berbagai teknik bisnis yang lebih baik.

3. Jangan Pernah Merasa Sempurna Dalam Berbisnis
Perasaan sempurna hanya akan menghabisi bisnis Anda dengan perlahan – lahan. Ketika Anda merasa sempurna dalam segala hal, maka dengan sendirinya akan mematahkan usaha keras Anda untuk mencapai tujuan. Adalah suatu hal yang wajar jika Anda merasa berhasil dalam mencapai suatu target bisnis Anda.
Namun jika Anda berhasil pada sebuah titik tertentu, seyogyanya Anda segera menentukan list tujuan target bisnis Anda yang baru. Jadi ada baiknya Anda membuat target secara reguler untuk menghindari perasaan yang sempurna terhadap apapun. Di sisi lain, ketika Anda tidak pernah merasa sempurna maka secara otomatis ada keinginan untuk mencapai sesuatu yang lebih baik.

4. Kesalahan Adalah Suatu Yang Wajar dan Manusiawi Dalam Bisnis
Tidak ada yang sempurna di dunia ini, ungkapan yang patut di segala situasi dan kondisi. Jika Anda terjun dalam dunia bisnis, jangan pernah takut salah untuk melangkah. Jika memang nantinya langkah yang Anda ambil tersebut memang benar – benar salah, jadikan vitamin dan pelajaran untuk masa depan bisnis Anda. Orang yang tidak pernah melakukan kesalahan adalah orang yang tidak pernah melangkah, pegang ungkapan itu.
Banyak pengusaha sukses yang berangkat dari kegagalan, bahkan ilmuwan sekelas Thomas Alfa Edison penemu bola lampu pijar pun mengalami ribuan kegagalan. Thomas Alfa Edison dalam perjalanannya menemukan bola lampu pijar mengalami kegagalan sebanyak 9.998 kali. Baru pada percobaannya yang ke 9.999 Ia benar – benar berhasil menemukan bola lampu pijar yang bisa menyala dengan sempurna. Itulah kekuatan cara berfikir pengusaha yang dapat kita contoh.
Thomas Alfa Edison :“Saya sukses, karena saya telah kehabisan apa yang disebut kegagalan”.

5. Wirausaha adalah Sebuah Gaya Hidup
Jika Anda meyakini wirausaha adalah sebuah gaya hidup, passion atau kesukaan maka ketika dalam masa kegagalan pasti tidak akan ada pikiran untuk menyerah. Kegagalan hanyalah sebuah rintangan kecil sebagai penantang keberhasilan Anda. Gagal tentu tidak akan bisa Anda hindari begitu saja, namun jangan selalu mengkambing-hitamkan kegagalan hanya untuk berhenti menjadi seorang wirausaha.
Jangan pernah takut menghadapi kegagalan, karena kegagalan adalah salah satu jalan yang akan mengatarkan Anda dalam kesuksesan. Saran yang bijak adalah jangan hanya menjadikan sebuah bisnis sebagai agen fianansial penopang ekonomi belaka. Dengan mengembangkan cara berfikir pengusaha yang baik, coba nikmati dan resapi lebih dalam sehingga menjadikan bisnis sebagai gaya hidup.
Dengan cara ini, akan semakin meningkatkan semangat dan bahkan kreatifitas dalam menjalankan sebuah bisnis. Jadi, sudah siap menjadi pengusaha yang berbeda? Coba ruba

betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Cara Berfikir Para Pengusaha Yang Wajib Ditanamkan Sejak Membangun Karir di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon