Cara Duduk yang Mengundang Penyakit



Riset kesehatan menemukan bahwa aktivitas duduk yang terlalu lama justru akan memicu penyakit yang membahayakan seperti obesitas, serangan jantung, sakit punggung, kerusakan pankreas dan lain sebagainya. Yang terparah, kebiasaan ini dapat mengundang kematian.

Bagaimana bisa? Duduk kan kegiatan lumrah. Duduk dianggap sama seperti beristirahat. Ya semacam ngaso dari aktivitas harian yang melelahkan. Apalagi Sahabat  sangat butuh duduk setelah lelah mengurus anak, masak, beberes, antar jemput anak, belanja harian dan lain sebagainya.

Jika alasannya demikian, kegiatan duduk sebenarnya tidak membahayakan. Yang mengerikan adalah jika duduk  berjam-jam hingga kurang menggerakkan badan. Sejak masyarakat mudah membeli barang-barang berteknologi tinggi, aktivitas duduk lekat dengan kegiatan sms, chatting, surfing, menonton dan lainnya.

Kesibukan inilah yang patut diwaspadai. Sebab penyakit degeneratif tak hanya memangsa mereka yang sibuk bekerja di kantor, tapi juga mereka yang menganggur di rumah. Apalagi jika ditemani dengan minuman bersoda, makanan renyah dan gurih yang berkalori tinggi, juga snack manis.  namun sungguh tidak sehat.

Lalu bagaimana cara agar aktivitas duduk yang kita lakukan tidak mengundang penyakit?

1. Duduk dengan posisi yang benar
Yuk perhatikan cara duduk para raja Jawa. Umumnya mereka duduk dengan posisi yang tegak dengan punggung lurus. Cara ini patut ditiru karena efektif mengurangi rasa pegal di punggung dan memperkecil kemungkinan terjadinya bungkuk pada tulang punggung.

2. Relax  kaki dengan senam bola
Pernahkah sahabat mencoba bermain bola sambil duduk? Caranya sangat mudah. Letakkan bola di dekat kaki (bola yang dipakai bisa bertekstur empuk dan keras). Gerakkan bola ke kiri dan ke kanan dengan telapak kaki sahabat . Lakukan selama 15-20 menit. Tanpa terasa, kaki kita lebih relax, betis lebih enteng dan tidak setegang sebelumnya. Senam ini bisa dilakukan sambil mengerjakan tugas, mendengarkan tilawah atau bersenandung saat sedang bosan.

3. Duduk lalu berdiri berkali-kali
Secara gravitasi, lawan duduk adalah berdiri. Dengan mencoba seringkali berdiri diantara waktu duduk kita maka organ dalam tubuh pun mengalami gerakan. Ini jauh lebih baik dibandingkan hanya berdiri satu kali dan duduk sangat lama. Untuk memudahkan, gunakan timer, agar sahabat terpacu berdiri. Atau cobalah tidak meletakkan segala sesuatu lengkap di meja kerja atau di dekat kursi sahabat.

4. Senam leher
Di antara kita pasti pernah merasa lelah mata, sakit leher, kebas leher atau pegal di sekitar punggung akibat terlalu lama melakukan aktivitas dengan alat komputer. Menghentikan pekerjaan dan melakukan senam leher yang ringan adalah salah satu solusinya.

Tengokkan leher sahabat  ke kiri dan ke kanan beberapa kali. Dapat juga dengan menyandarkan leher kita di tangan selama beberapa menit sambil memejamkan mata untuk relaksasi.


Referensi: dari berbagai sumber
betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Cara Duduk yang Mengundang Penyakit di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon