Aturan Atasan Ini Saat Mengkritik



Sebagai karyawan perusahaan, kita tentu punya kesempatan untuk mendapat kritik ataupun memberi kritik. Nah, saat kita berperan sebagai atasan dan perlu memberi kritik pada anak buah, perhatikan tiga aturan memberi kritik berikut:

1. Fokus pada masalah
Menurut Douglas Stone, seorang career coach dari Amerika Serikat, jangan pernah mengatakan, "kelakuan Anda tidak masuk akal," tapi katakan "Laporan proposal Anda selalu telat. Saya akan lebih sering mengingatkan Anda mengenai deadline pekerjaan. Sebenarnya apa hambatan Anda?"
Akan lebih produktif, jika feedback membicarakan aksi secara langsung ketimbang mengaitkannya dengan karakter orang tersebut.

2. Aturan kedua saat memberi kritik adalah mendengarkan
"Bersiaplah untuk mengetahui dan mempelajari, mengapa orang tersebut melakukan apa yang telah dilakukannya," ujar Stone.
Ini bukan untuk membuat pengecualian baginya, tapi ini tentang bagaimana kita bisa membantunya menyelesaikan masalah.

3. Ingat ungkapan ini, If it's bad, let it be bad
Seorang manajer terkadang berusaha untuk menjaga perasaan karyawannya, sayangnya hasilnya tak selalu baik. Boleh berempati, tapi tetap menyampaikan kritik dan saran dengan tepat. Karena ia harus tahu masalah sebenarnya dan melakukan sesuatu untuk memperbaikinya.

Regita Tara
Regita Tara

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Aturan Atasan Ini Saat Mengkritik di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon