Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak



Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak  adalah jenis penyakit yang sangat umum diderita oleh banyak orang. Biasanya batuk juga disertai oleh flu dan disertai dengan dahak. Penyakit ini akan sangat menyiksa Anda, selain karena dada sakit sebab terjadi banyak gerakan saat batuk, ia juga akan mengganggu tidur jika tiba-tiba Anda harus terbangun saat batuk.

Ada beberapa jenis batuk yang dapat dibedakan dari penyebabnya, seperti batuk kering, batuk berdahak, batuk bronchitis, batuk asma dan batuk pertusis atau lebih dikenal dengan nama batuk rejan. Biasanya terjadi karena ada yang merangsang selaput lendir di tenggorokan atau cabang batang tenggorokan yang disertai dengan rasa gatal. Biasanya itu terjadi karena debu atau kuman yang masuk dan mengganggu selaput lendir.

Untuk mengatasi batuk tidak hanya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan saja, ada beberapa cara alami yang mampu untuk mengatasi batuk. Cobalah beberapa cara mengobati batuk dengan bahan-bahan alami di bawah ini.

Madu dan lada putih
Selain baik untuk memberikan rasa pedas alami pada makanan, lada putih ternyata memiliki kemampuan alami untuk mengatasi batuk. Anda yang saat ini sedang mengalami batuk yang mengganggu bisa mengatasinya dengan cukup mengkonsumsi minuman herbal alami dari satu sendok teh madu murni yang kemudian ditambahkan dengan sedikit bubuk lada putih setiap hari kurang lebih sebanyak 2-3 kali, komposisi keduanya sangat efektif untuk membantu melawan penyebab batuk dan membuat tenggorokan menjadi lebih lega.

Daun kemangi
Selain memiliki wangi yang khas, daun kemangi juga bisa Anda gunakan sebgai bahan ramuan untuk mengatasi batuk berdahak. Sediakan 1-2 gelas air putih, 2-3 daun kemangi, dan rebus menjadi satu. Minum ramuan hangat ini supaya batuk cepat hilang.

Jeruk nipis
Mengonsumsi jeruk nipis merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan batuk berdahak secara alami dan cepat. Jeruk nipis mungkin merupakan obat tradisional untuk menghilangkan batuk yang paling dikenal masyarakat. Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampurkan perasan air jeruk nipis dengan madu dan air hangat. Perbandingan antara perasan jeruk nipis, madu dan air adalah 1:3:5. Selain itu ada juga cara yang lebih mudah dan tidak terlalu repot, yaitu dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis dengan kecap. Metode ini juga cukup efektif sebagai cara mengobati batuk berdahak pada anak jika dikonsumsi dua kali sehari dengan takaran satu sendok teh.

Teh Jahe
Irisan jahe yang dicampurkan ke dalam teh hangat cukup efektif untuk membantu mengatasi batuk berdahak. Cara menghilangkan batuk berdahak ini ternyata sudah digunakan oleh masyarakat di negara-negara asia sejak lama. Disarankan untuk mengonsumsi teh jahe dua kali sehari agar batuk berdahak Anda segera mereda.

Kunyit
Selanjutnya ada kunyit yang juga sudah lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu rempah yang bisa meredakan batuk berdahak. Cara membuat ramuan tradisional untuk batuk berdahak ini adalah dengan menumbuk kunyitnya, lalu dicampurkan dengan madu ke dalam segelas susu. Ramuan kunyit ini dinilai sebagai cara menghilangkan batuk yang cukup efektif.

Belimbing Wuluh
Bagi Anda yang belum tahu apa itu buah belimbing wuluh, buah ini adalah buah yang berukuran kecil yang menyerupai belimbing, tetapi berwarna hijau dan rasanya masam. Buah ini juga cukup efektif sebagai cara mengobati batuk berdahak pada anak ataupun pada orang dewasa. Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampurkan belimbing wuluh bersama beberapa butir adas, sedikit gula dan secangkir air. Kemudian rebus campuran-campuran tersebut dan saringlah airnya saat ramuannya sudah mulai dingin.

 Baca Juga Cara Alami Mengobati Batuk Kering
betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon