Inspirasi Di Balik Kesuksesan Orang Lain

Banyak profesi baru yang bermunculan seiring dengan perkembangan zaman. Bukan hanya perkembangan profesi entrepreneur yang saat ini banyak dilirik oleh orang, tetapi juga profesi sebagai motivator.
Seorang motivator biasanya akan menceritakan kesuksesan yang pernah diraih atau kesuksesan orang lain sebagai bahan motivasi untuk banyak orang. Hal ini dianggap menjadi salah satu cara yang efektif untuk mendukung dan memberi semangat pada orang-orang yang sedang mengalami kegelisahan hidup.
Tetapi sudah tahukah kita kalau ternyata sebenarnya kita tak selalu “membutuhkan” kisah sukses orang lain tersebut untuk meraih kesuksesan pribadi?

1. Ambil yang Baik, Buang yang Tidak Perlu
Ketika kita menyimak kisah sukses orang lain, kita tentu akan terpukau saat menyaksikan jalan hidup seseorang dalam mendapatkan kesuksesannya di hari ini. Sejumlah kekeliruan yang pernah ia lakukan mungkin saja yang akhirnya membawa kepada suatu hasil kerja kerasnya di masa kini dan masa mendatang.
Kita memang berhak menyimak itu semua sesuai dengan keinginan pribadi kita. Tetapi kita tak perlu menyerap seluruh pengalaman tersebut. Cukup mengambil bagian yang baik dan meninggalkan bagian yang tak berguna.
Sebagai contoh, biasanya kita bisa meneladani sikap disiplin dan kerja keras dari orang-orang yang sudah lebih dahulu sukses daripada kita. Namun dari kisah sukses tentu ada beberapa hal yang kurang tepat jika diterapkan saat ini. Oleh karena itu perlu langkah lain untuk bisa melengkapi hal positif yang kita dapat dari kisah tersebut.

2. Hanya Kita yang Paham dengan Diri Sendiri
Kadang kala kita terjebak ada pola pikir yang mengharuskan kita mengikuti saran atau pendapat dari orang yang sudah lebih dahulu sukses. Alasannya, tentu saja karena ia sudah membuktikannya dan sudah mencapai jalan kesuksesan.
Sebenarnya tak perlu berkecil hati dengan keadaan kita saat ini. Karena ketersediaan akses informasi yang memadai membuat kita mampu mengolah informasi dan ide untuk memperkuat diri kita. Meski akan terdengar seperti mengacuhkan saran orang lain harus diiringi dengan kemauan dan niat untuk melangkah maju di jalan yang kita sukai.

3. Jangan Pernah Berhenti Membaca
Sebuah penelitian menyatakan kalau membaca membuat kita menjadi lebih cerdas daripada menonton televisi. Hal ini karena otak kita dirangsang untuk menerjemahkan kata-kata menjadi visualisasi yang sesuai dengan maksud suatu tulisan. Termasuk tentang berbagai kisah sukses, sudah sepatutnya kita memperkaya diri dengan bahan bacaan seperti itu.
Dan itulah mengapa kita harus rajin membaca. Jangan pernah berhenti membaca untuk memenuhi hasrat diri kita akan ilmu dan informasi baru. Dengan membaca, kita bisa melihat dunia secara lebih luas dan menyadari kalau ada hal-hal baru yang bisa membantu perkembangan potensi kita.

4. Bacalah Sesuatu yang Bertentangan dengan Diri Kita
Kita mungkin terbiasa untuk mencari informasi mengenai hal-hal yang kita sukai. Hal seperti inilah yang membuat pengetahuan dan motivasi kita menjadi lebih terbatas. Jadi, sebaiknya kita mencoba untuk membaca hal-hal yang tidak kita favoritkan. Namun bagaimana jika kita menbaca hal-hal yang sebenarnya cukup bertentangan dengan karakter kita?
Cobalah, karena bukan tidak mungkin Anda akan menemukan sebuah fakta baru atau ide yang sebelumnya belum pernah terfikirkan. Karena sejatinya membaca bukan untuk bersenang-senang, tetapi untuk membekali diri dengan ilmu yang bermanfaat. Selain membaca buku, aktivitas membaca blog, browsing dan cara membaca lainnya juga bisa kita praktikkan secara teratur mulai dari sekarang.

5. Kombinasikan Kisah Sukses Dengan Pengetahuan
Hal ini mungkin terdengar aneh bagi kita yang berkecimpung di dunia desain atau dunia yang berkaitan dengan seni. Tetapi percayalah bahwa yang kita butuhkan bukan hanya referensi desain, tetapi juga perpaduan dengan ilmu sains.

Ilmu sains yang kita miliki bisa menjadi bekal yang cukup untuk memperkaya pola pikir kita. Apapun bidang yang sedang kita tekuni, mempelajari sains tentu saja tak ada ruginya. Sebab ide yang segar bisa berasal dari perpaduan ragam ilmu yang sudah kita miliki.

Jadi kesimpulannya mempersenjatai diri kita dengan banyak ilmu akan memperkaya pola pikir dan memperkuat motivasi kita untuk maju. Terkadang mendengarkan kisah sukses orang lain memang sangat mengasyikkan dan inspiratif. Tetapi hendaknya hal tersebut tidak membuat kita jadi terlena dan hanyut dalam imajinasi untuk sukses tanpa berusaha dan bekerja keras dengan baik.

betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Inspirasi Di Balik Kesuksesan Orang Lain di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon