Mencadangkan Data Dengan Google Drive


Dengan menggunakan Google Drive, berarti pemilik file telah memiliki back-up file nya di internet sehingga jika terjadi sesuatu pada file yang disimpan di komputer atau laptop, misalnya file tersebut rusak atau hilang atau terkena virus, atau komputer/laptopnya rusak yang menyebabkan tidak dapat digunakan, maka file yang berada di Google Drive tetap aman dan tetap dapat diakses menggunakan komputer lain yang terhubung ke internet.
 
Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada akhir April 2012, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google. Dengan menyimpan file di Google Drive maka pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone. Dan file tersebut dapat di share dengan orang lain untuk berbagi pakai dan juga kolaborasi peng-edit-annya. Kapasitas yang disediakan oleh google drive untuk layanan gratis adalah 15GB, untuk menggunakan kapasitas lebih dari itu maka akan dikenakan biaya tambahan.

Google Drive berfungsi pada sejumlah aplikasi yang terus bertambah yang dapat Anda pasang dari Toko Web Chrome. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat mengedit gambar dan video, mengirim faks dan menandatangani dokumen, mengelola proyek, membuat bagan alur, dan banyak lagi. Berapa pun banyaknya aplikasi Google Drive yang telah Anda pasang, Anda dapat mengakses seluruh file Anda dalam satu tempat: Google Drive di web.

    Hal-hal yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi Google Drive
  1.     Membuat file baru di Google Drive dari jenis file aplikasi tersebut
  2.     Mengakses dan membuka file di Google Drive
  3.     Mengakses file Google Drive dari aplikasi di luar Google Drive
  4.     Menyimpan file ke Google Drive dari aplikasi di luar Google Drive
  5.     Berbagi jenis file apa pun, termasuk file yang dibuat dengan aplikasi Google Drive

Membuat file dengan aplikasi Google Drive

Dengan Google Drive, sobat dapat membuat lebih banyak lagi file daripada dengan Google Documents karena beberapa aplikasi memungkinkan Anda membuat jenis file lain di Google Drive. Setelah memasang salah satu aplikasi tersebut, Anda akan melihat jenis file dari aplikasi tersebut tercantum di menu Buat dalam Google Drive di web.
  1. Buka drive.google.com.
  2. Klik tombol Buat yang berwarna merah di kiri atas.
  3. Arahkan mouse ke Lainnya.
  4. Pilih aplikasi dari submenu Lainnya.Aplikasi akan terbuka dan Anda dapat mengerjakan file yang telah Anda buat dan simpan. Anda dapat mengaksesnya kapan saja, di mana saja di Drive Saya (Google Drive di web).

Sobat juga dapat menyinkronkan file yang telah Anda buat menggunakan aplikasi Google Drive ke folder Google Drive di komputer Anda. Pilih file yang ingin disinkronkan ke komputer.
Membuka file dengan aplikasi Google Drive
Setelah sobat memasang aplikasi Google Drive, aplikasi akan tampil dalam menu Buka dengan pada Google Drive di web untuk jenis file yang kompatibel dengan aplikasi tersebut. Misalnya, jika aplikasi pengeditan gambar terdaftar untuk membuka file JPEG, Anda dapat membuka file JPEG apa pun di Google Drive dengan aplikasi tersebut.
  •     Buka drive.google.com
  •     Klik kanan file dalam Google Drive di web
  •     Arahkan mouse ke Buka dengan.
  •     Pilih nama aplikasi dari submenu Buka dengan.
  •     File Anda akan terbuka di aplikasi Google Drive yang Anda pilih.

Membuka atau menyimpan file Google Drive dari aplikasi

Sobat dapat membuka file yang tersimpan dalam Google Drive di web dari dalam aplikasi itu sendiri (tanpa membuka Google Drive di web). Misalnya, Anda membuka sebuah aplikasi dan ingin mengerjakan file yang Anda simpan di Google Drive. Anda dapat membuka file Google Drive tersebut langsung dalam aplikasi tersebut.
Anda juga dapat menyimpan file ke Google Drive yang telah Anda buat atau temukan dalam aplikasi di luar Google Drive itu sendiri. Ada beberapa cara untuk menyimpan file ke Google Drive:

Saat Anda bekerja di aplikasi Google Drive, file akan disimpan ke Google Drive ketika Anda menyimpan perubahan yang Anda buat pada file tersebut.
Dalam aplikasi, Anda mungkin melihat opsi “Ekspor ke Google Drive”, “Simpan salinan”, atau “Kirim ke Drive”. Bila Anda memilih opsi tersebut, file akan tersimpan secara otomatis ke Google Drive sobat..

Selain itu, Google akan memberikan kapasitas penyimpanan data gratis 15GB juga benar adanya. Kabar itu memang datang dari orang dalam Google yang membocorkan informasi kepada situs teknologi The Next Web.
Saat ini Google Drive tersedia untuk perangkat komputer bersistem operasi Windows dan Mac, lalu smartphone dan tablet Android. Dari keterangan di situs resmi Google Drive, perusahaan mesin pencari ini akan membuat Google Drive untuk perangkat berbasis iOS, yakni iPhone, iPad dan iPod Touch.
Google Drive bisa dibuat untuk menyimpan data semua format. Dokumen, foto, video, aplikasi, dan segalanya yang dikehendaki.
Bagi Anda pengguna layanan Google Docs, mungkin langsung nyaman menggunakan Google Drive karena data-data Anda otomatis tersimpan di Google Drive.
Begitupun dengan pengguna Android, Anda bisa mengintegrasikan data-data di smartphone atau tablet ke Google Drive. Google Drive menawarkan beberapa pilihan untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan data. Diantaranya, 2,49 dollar AS per bulan untuk 25GB dan 4,99 dollar AS per bulan untuk 100 GB.
Jika Anda memutuskan menggunakan Google Drive berbayar, maka kapasitas simpan akun GMail Anda akan ditambah menjadi 25GB.
Pilihan penambahan kapasitas Google Drive tersedia hingga 16TB.
Untuk mulai menggunakan Google Drive. Namun, menurut Google, belum semua pengguna dapat menikmati cloud storage Google ini.
Saat dicoba oleh Kompas Tekno dengan menggunakan beberapa akun Google berbeda, tak ada satu pun yang bisa mencoba Google Drive.
Sepertinya, pengguna di Indonesia masih harus bersabar menikmati hard disk online besutan Google ini.

Fasilitas Google Drive
  • Google Drive memberikan ruang (space) gratis sebanyak 15 GB. Kalau kurang Anda dapat meng-upgrade menjadi 100 GB  harga $1,99/bulan hingga 1TB $9,99/Bulan dengan membayar $2.49
  • Membuat dokumen baru, spreadsheet, dan presentasi secara instan. Dapat mengedit suatu dokumen dengan kolega bersama-sama pada waktu yang sama. Ini salah satu kelebihan Google Drive jika dibandingkan dengan situs berbagi pakai.
  • Gmail attachment (sisipan) tidak perlu lagi. Link dari Google Drive dapat dikirim ke Gmail untuk dijadikan attachment secara otomatis.
  • Video dan Foto yang tersimpan di Google Drive akan otomatis tersedia di Google Plus.
  • Mesin pencari khusus tersedia di Google Drive untuk mencari berkas yang ada. Dilengkapi dengan opsi pencarian berbasis ekstensi (jenis) file, bukan hanya nama berkasnya saja.
  • Dapat membuka semua format file, termasuk Adobe HD Video, Photoshop, dll walaupun Anda belum menginstal software tersebut di komputer.
  • Dapat berbagai file (berkas) dengan menggunakan berbagai aplikasi. Jadi, fitur ini fungsinya sama dengan situs berbagi pakain lain.
  • Simpan otomatis. Begitu Anda membuat perubahan di salah satu file di Google Drive, ia akan tersimpan secara otomatis.

    Ketersediaan Google Drive
Google Drive dapat digunakan dalam beberapa piranti (device) berikut:
  •     Komputer berbasis Windows
  •     Komputer berbasis Mac
  •     Tablet berbasis i0S (iPad)
  •     Tablet berbasis Android
  •     Smartphones iPhone
  •     Smartphones berbasis Android

Tapi bagi Anda yang menggunakan sistem Linux jangan berkecil hati. Walaupun Google Drive belum mendukung Sistem Operasi Linux, namun berkat tim ppa ubuntu, google drive kini bisa diakses melalui Nautilus pada Dekstop Gnome Anda. Jika tidak mau repot, Anda juga bisa mencoba cloud storage lain yang mendukung Linux, seperti Dropbox.

    Cara Menggunakan Google Drive

Nah bagi pemula terkadang mengalami kebingungan bagaimana cara menggunakan Google Drive itu sendiri,mari kita belajar bersama. Untuk memulai Google Drive, pergi ke drive.google.com kemudian aktifkan layanan. Setelah Anda memiliki akses ke Drive, Anda siap untuk mulai menggunakan layanan ini. Anda akan melihat bahwa Google Drive Anda sekilas terlihat dan bekerja sangat mirip Google Docs. Anda dapat membuat file, membuat koleksi folder, menggunakan bar bagian atas untuk mencari, dan meng-upload file dengan menyeret dan menjatuhkan ke dalam jendela browser.
Namun, tidak seperti Docs, kini Anda dapat mengelola seluruh drive dari desktop Anda dengan menginstal aplikasi Google Drive. Caranya mudah, setelah Anda masuk drive.google.com, lihatlah sidebar bagian kiri dan pilih Download Google Drive. Setelah Anda mendownloadnya, perangkat Anda akan memiliki folder Google Drive, sehingga setiap perubahan yang Anda buat akan tercermin dalam antarmuka Web, dan sebaliknya.
Selama Anda terkoneksi dengan Internet, ketika Anda menambahkan file ke folder Google Drive , file Anda akan langsung otomastis ter-upload ke drive Web Anda. Mudah bukan?
Selain itu ada beberapa fitur Google Drive yang harus Anda ketahui, fitur-fitur itu antara lain:


    Memasang aplikasi Google Drive

Jika menggunakan dengan android download di Play Store Aplikasi Google Drive tersedia di·Toko Web Chrome dan sobat dapat memasangnya untuk digunakan dalam Google Drive di web. Aplikasi kompatibel dengan semua browser yang didukung.
 
  1. Buka·Toko Web Chrome.
  2. Telusuri “Aplikasi Drive”.
  3. Klik tombol + Tambahkan ke Drive yang berwarna biru.
  4. Berikan otorisasi pada aplikasi untuk mengakses file di Google Drive Anda. (Pelajari lebih lanjut tentang keamanan aplikasi Google Drive.)
  5.  Klik Pasang.

Semoga informasi ini bisa membantu Anda memanfaatkan penggunaan layanan penyimpanan dari Google ini. Terimakasih …
betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Mencadangkan Data Dengan Google Drive di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon