Penyebab Mobil AC Tidak Dingin

Pasti kita sangat kesal bila kondisi kabin Air conditioning (AC) tidak dingin atau mati, apalagi dalam kondisi siang yang terik. Ditambah terjadi kemacetan. Tentunya akan tidak betah berlama-lama didalam mobil tanpa adanya pendingin.

Perlu diketahui ada beberapa penyebab AC mobil tidak dingin. Sebelum Anda memeriksakan ke bengkel sebaiknya membaca tulisan ini. Agar lebih memahami penyebab masalah dan tidak tertipu saat mobil dibawa ke bengkel.

Karet Belt putus
Bila karet belt yang menghubungkan putaran mesin dengan kompresor AC putus, dipastikan AC mobil tidak dingin. Kompresor AC berfungsi untuk memberikan tekanan tik bekerja, sehingga Freon didalam sistem tidak bisa bersirkulasi.

Masalah pada kompresor AC
Bila karet belt kompresor tidak putus tapi tidak terjadi sirkulasi freon didalam sistem AC maka penyebabnya kompresornya yang bermasalah. Permasalahan pada kompresor AC bermacam-macam seperti magnetic clutch rusak, kelebihan oli pelumas, dan lainya. Untuk permasalah ini sebaiknya anda bawa ke bengkel AC terdekat.

Freon Habis atau berkurang
Fungsi freon pada sistem AC untuk menyerap panas dan membuangnya melalui kondensor. Berkurangnya freon ini bisa disebabkan karena kebocoran didalam sistem. Periksalah pipa pipa yang digunakan untuk jalur Freon baik yang menuju kompresor atau ke komponen lain.

Kondensor Kotor
Bentuknya mirip dengan radiator yang memiliki sirip-sirip pendingin. berfungsi menyerap panas dan membuangnya ke udara. Jika kondensor AC kotor, panas didalam kabin mobil tidak diserap secara optimal akibatnya AC mobil terasa tidak dingin.

Kipas blower AC mati atau putaranya lemah
Fungsi blower untuk menghembuskan udara dingin ke kabin mobil. Jika blower Ac putaranya lemah atau bahkan mati maka udara dingin tidak dihembuskan secara optimal yang menyebabkan AC mobil terasa tidak dingin.
betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Penyebab Mobil AC Tidak Dingin di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon