Anti Phishing Dari Kaspersky

Pengelabuan (Phishing) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

Dengan banyaknya kasus pengelabuan yang dilaporkan, metode tambahan atau perlindungan sangat dibutuhkan. Upaya-upaya itu termasuk pembuatan undang-undang, pelatihan pengguna, dan langkah-langkah teknis.
Di era digital ini, data pribadi benar-benar menjadi hal yang sangat penting. Oleh karenanya Kaspersky mewanti-wanti agar pengguna jangan mudah mengumbar informasi pribadi. Atau dengan kata lain, jangan jujur-jujur amat kalau tak ingin terkena ancaman digital seperti phising.

Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky Indonesia lantas mencontohkan kebiasaan pengguna ketika ingin membuat email baru. Menurutnya banyak pengguna yang dengan mudah mengumbar data pribadinya kala mengisi kotak-kotak isian biodata.

Meski penyedia layanan menjanjikan bahwa data yang diisi tidak akan disebarluaskan, pengguna secara tidak langsung telah membuka peluang untuk terkena ancaman phising. Apalagi juga banyak pengguna yang asal klik 'agree' tanpa mengindahkan syarat dan ketentuan yang berlaku.

"Padahal bisa saja isi syarat dan ketentuannya membolehkan penyedia layanan menggunakan data pribadi pengguna untuk kebutuhan lain. Jangan jujur-jujur amat lah kalau isi data pribadi, karena ini membuka peluang phising. Kecuali untuk kebutuhan-kebutuhan yang pasti, seperti banking," ujar Dony, di Penang Bistro, Lingkar Kuningan, Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Terkait kebocoran Informasi, Dony menambahkan pengguna di Indonesia itu cenderung lengah soal informasi pribadi. Jadi tak cuma di jalur online, aksi phising atau pencurian data pribadi juga bisa terjadi secara offline dengan memanfaatkan kelengahan pengguna.

"Misalnya ketika tiba-tiba kita mendapat telepon dari pihak yang mengatasnamakan bank. Biasanya pelaku akan menanyai data pribadi, yang tanpa kita sadari telah menjadi korban phising. Kita harus waspada dengan praktek-praktek pencurian informasi semacam ini," imbuh Dony.

"Phising itu tak perlu teknologi canggih. Untuk bisa terhindar, sepenuhnya ada di tangan user," tambah Dony lagi.


Kaspersky sendiri menyimpan perhatian cukup besar pada phising. Karena dalam pengujian yang dilakukan AV-Comparative, solusi Kaspersky Internet Security versi terbaru disebut berhasil menerima penghargaan tertinggi Advanced+. Solusi yang ditawarkan Kaspersky itu sukses memblokir 98% link URL phising.
betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Anti Phishing Dari Kaspersky di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon