Project Loon Baloon Google Hadir Dindonesia



Project Loon Baloon Google Hadir Dindonesia sehingga pengguna internet diindonesia akan terpuaskan dengan koneksi yang ada. Untuk mewujudkan Internet cepat di Tanah Air, tiga operator telekomunikasi besar Indonesia seperti Telkomsel, Axiata, dan Indosat sepakat melakukan kerja sama teknologi dengan Google, agar Project Loon mengangkasa tahun depan. Perusahaan asal Mountain View, California, itu tidak memberikan informasi terkait tanggal spesifik atau area yang akan diberikan akses Internet oleh Project Loon.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Google, akan meluncurkan sebanyak 20.000 balon udara yang dinamakan Project Loon di Indonesia. Project Loon diharapkan bisa menjangkau akses Internet untuk 100 juta penduduk.

Project Loon merupakan salah satu proyek Google untuk menghadirkan jaringan Internet di lokasi yang terpencil dengan wahana balon. Proyek ini kali pertama terungkap di Selandia Baru Juni 2013 sebagai bagian dari departemen Google X, yang datang dengan inovasi seperti mobil driverless.

Sebagaimana dilansir Okezone, Kamis (29/10/2015) sebanyak 29% dari penduduk Indonesia memiliki akses ke web. Sepertiga penduduk Indonesia atau sekitar hampir 90 juta pengguna memakai koneksi relatif lambat.
Topology Project Loon Google
Balon Google Project Loon akan melayang di ketinggian 20 km di lapisan stratosfer. Dengan ketinggian tersebut, diklaim aman dari lalu lintas penerbangan pesawat. Project Loon bakal menembakkan sinyal Internet ke Bumi dan menyediakan akses Internet ke wilayah tertentu yang tidak bisa dijangkau oleh saluran tradisional.

Vice President of Project Loon, Mike Cassidy, dan Co-Founder Google, Sergey Brin, mengatakan mengakses informasi dari jangkauan komunikasi sehat bagi kita semua. Guardian menjelaskan, Google akan menghabiskan waktu satu tahun ke depan untuk menguji balon Internet, sebelum mengomersialisasikan 20.000 perangkatnya.

Seperti dikutip dari Detik, Kamis, kerja sama teknologi Google dan tiga operator seluler di Indonesia sudah tercapai. Mulai tahun 2016, balon Internet Google alias Project Loon akan mulai mengudara di langit Indonesia, dan nantinya diharapkan bisa menjangkau sekitar 100 juta rakyat Indonesia.

Dalam beberapa tahun ke depan kami berharap Loon bisa membantu memberikan koneksi Internet cepat yang bisa menjangkau lebih dari 100 juta rakyat Indonesia,” tulis VP Project Loon, Mike Cassidy, dalam blog resmi Google.

Akses Internet cepat ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk mengakses bermacam informasi yang tak terbatas, baik edukasi, budaya dan bermacam kesempatan bisnis.

Menurut Google, saat ini di Indonesia hanya satu dari tiga orang yang menggunakan Internet dan kebanyakan menggunakan koneksi yang tergolong lambat. Penyebabnya adalah banyak orang yang tinggal di tempat-tempat yang tak mempunyai infrastruktur Internet. Wajar saja, dengan negara yang berbentuk kepulauan seperti Indonesia, sangat sulit untuk menggelar jaringan kabel optik atau membangun BTS. Di sinilah Loon punya peran penting dan balon ini akan berfungsi layaknya BTS operator.


betara indra gunawan
betara indra gunawan

Terima kasih Atas Kunjungannya sedang membaca artikel tentang Project Loon Baloon Google Hadir Dindonesia di Blog Betara , Sahabat dipersilakan mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

Previous
Next Post »

1 comments:

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon